Gaya Sentripetal: Materi Fisika Kelas X

Pada kali ini kita akan membicarakan mengenai gaya yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar. Pengalaman sehari-hari menunjukkan bahwa ketika seseorang naik mobil dan mobil melewati tikungan mendatar, pengemudi atau seseorang yang berada dalam mobil akan merasakan dorongan yang mempunyai arah radial keluar tikungan. Gaya apakah yang bekerja pada orang tersebut?

Karena kita sudah mempelajari mengenai gerak melingkar, khususnya gerak meingkar yang paling sederhana adalah gerak melingkar beraturan. Dimana pada gerak ini muncul percepatan sentripetal sebagai akibat dari perubahan arah kecepatan. Setiap benda yang bergerak melingkar tersebut mendapatkan percepatan yang selalu menuju pusat lingkaran yang disebut percepatan sentripetal.
Kata hukum II Newton ketika ada percepatan yang bekerja pada benda, benda tersebut pada dasarnya akan merasakan gaya tertentu. Gaya inilah yang disebut gaya sentripetal. Gaya ini bekerja pada benda dengan arah sama persis dengan arah percepatan sentripetal yaitu menuju pusat lingkaran pada setiap kedudukan benda.

Lalu bagamaimanakah dengan pengalaman sehari-hari yang mengatakan bahwa ketika gerak melingkar benda atau seseorang akan terlempar radial keluar lintasan? Bukankah ini disebut gaya sentripugal? Konsep sentrpetal dan sentripugal adalah dua konsep yang berbeda dalam tinjauan kerangka acuan gerak. Berbicara sentripetal kerangka acuan gerak adalah kerangka inersia atau kerangka gerak yang diam atau bergerak dengan kecepatan konstan. Tetapi ketika gerak diamati oleh pengamat yang berada dalam kerangka non inersia (dipercepat), gaya yang muncul dalam keadaan melingkar adalah gaya fiktif. Jenis gaya fiktif ini disebut dengan gaya sentripugal.

Jadi apakah yang tepat itu gaya sentripetal atau sentripugal? Kalau yang meninjau gerak orang tidak bergerak dengan perisitiwa atau orang yang tidak bergerak melingkar, orang tersebut tepat ketika mengatakan gaya sentripetal. Tetapi akan keliru ketika yang mengatakan adalah oleh yang bergerak melingkar, orang tersebut akan lebih tepat mengatakan bahwa dia mengalami gaya fiktif yang dalam hal ini adalah gaya sentripugal. 

Post a comment