Pembahasan Soal UN Fisika (Mekanika)

Marilah kita fokuskan perhatian kita pada permasalahan yang sering ditanyakan di soal UN Fisika. Pada kali ini kita akan melakukan pembahasan Soal Ujian Nasional Fisika-Mekanika. Konsep soal mekanika dalam Ujian Nasional Fisika dapat meliputi konsep pengukuran, perpindahan, analisis vektor, dan gerak lurus berubah beraturan, hukum Newton, usaha dan energi, gerak tranlasi dan rotasi, titik berat, usaha energi, dan banyak lagi. Dalam menyelesaikan permsalahan konsep tersebut yang diperlukan adalah dua hal yaitu memahami konsep dan kemampuan matematik menunjang seperti menentukan sudut dan memproyeksikan vektor terhadap komponen arah tertentu. Usaha untuk mengatasi kedua hal tersebut dapat dilakukan dengan berlatih sesering mungkin mengenai permasalahan yang berkaitan sehingga reflek dan daya ingat terhadap konsep mekanika semakin kuat.

PENGUKURAN: Dalam UN fisika SMA, soal pengukuran selalu berada di no satu. Pengukuran yang sering dimunculkan dalam permasalahan adalah penggunaan jangka sorong dan mikrometer sekrup. Unutk lebih mudahnya perhatikan contoh soal dan pembahasan UN fisika-perpindahan.

SOAL-1:(UN 2016) Dari hasil pengukuran diamater sebuah bola dengan menggunakan jangka sorong. Panjang diameter bola adalah 6.26 cm. Tunjukanlah gambar pengukuran yang benar untuk hasil pengukuran tersebut.

Jawab:
Dalam pengukuran jangka sorong, angka 6,26 cm akan ditunjukkan oleh dua skala yaitu skala utama dan skala nonius. Skala utama akan menunjukkan angka 6.2 cm dan nonius menujukkan 6/100 cm. Gambarnya diperlihatkan seperti di bawah ini.


SOAL-2: (UN 2015) Hasil pengukuran suatu tabung dengan mikrometer sekrup adalah 3.85 mm. Tunjukkan gambar hasil pengukuran mikrometer  yang sesauai dengan proses pengukuran.

Jawab:
Dalam pengukuran mikrometer sekrup, angka 3.85 mm akan ditunjukkan oleh dua skala yaitu skala utama dan skala nonius. Skala utama akan menunjukkan angka 3.5 mm dan nonius menujukkan 35/100 mm. Gambarnya diperlihatkan seperti di bawah ini.


LATIH: Hasil pengukuran dua buah penghapus menunjukkan nilai panjang dan lebar berturut-turut adalah 3,4 cm dan 2,7 cm. Tentukan luas permukaan penghapus karet tersebut jika dinyatakan dengan kaidah angka penting

PERPINDAHAN: Perpindahan merupakan aplikasi dari konsep vektor dan gerak. Dalam vektor, selain memperhatikan besar vektor juga memperhatikan arahnya. Perpindahan didefinisikan sebagai perubahan posisi akhir terhadap posisi awal.

SOAL-1: (UN 2016) Seorang anak berjalan ke Barat sejauh 5m, kemudian berbelok ke arah selatan sejauh 3m dan setelah itu anak tersebut melanjutkan perjalanan ke timur sejauh 9m. Tentukanlah perpindahan yang dilakukan oleh anak tersebut!

Jawab:
Dalam memudahkan pembahasan marilah kita gambarkan vektor perpindahan yang dilakukan oleh anak tersebut selama gerakannya. Perpindahan ditunjukkan oleh garis warna merah yang merupakan sisi miring dari dua sisi yang panjangnya 3m dan 4m. Jadi perpindahannya adalah adalah 5m dihitung sesuai sisi miring phytagoras.


SOAL-2: (UN 2015) Pada acara pestival marathon bulan oktober 2014 di jakarta, terdapat emapat kategori lari yaitu full marathon (42 km) dan half marathon (21 km), kategori 10 km, dan kategori 5 km dimana lintasan masing-masing sudah ditentukan. Lomba dimulai dari gedung Bung Karno dan berakhir di Monas. Andri mengikuti lomba full marathon dan hanya mampu menyelesaikan dengan melalui lintasan A,B, dan C seperti pada gambar di bawah ini. Tentukanlah perpindahan yang dilakukan Andi!


Jawab:
Perpindahan adalah garis lurus yang ditarik dari posisi awal ke akhir dari perjalanan yang dilalui. Tarik garis dari pangkal A menuju ujung C seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Garis merah menunjukkan perpindahan dan garis biru adalah komponen perpindahan disumbu-x dan sumbu-y. Sehingga dengan phytagoras, panjang perpindahan dapat dihitung yaitu 10 kotak atau 10 km.


LATIH: Seorang anak melakukan perpindahan ke timur sejauh 6 m dan belok ke utara sejauh 6 m pula. Perjalanan anak tersebut dilanjutkan belok ketimur sejauh 14 m. Tentukan perpindahan yang dilakukan oleh anak tersebut!

Post a comment