Gerak Parabola

Bagaimanakah konsep gerak parabola atau gerak peluru? Gerak parabola merupakan perpaduan antara gerak lurus beraturan pada arah sumbu-x dan gerak lurus berubah beraturan pada arah sumbu-y. Ini berarti bahwa kecepatan partikel di sumbu-x tidak pernah berubah selalu akan sama dengan kecepatan awal pada arah-x baik arah maupun besar. Tentunya hal itu berbeda ketika melihat sumbu-y, kecepatan partikel berkurang seiring naiknya ketinggian dan bernilai nol pada saat ketinggian maksimum. Ketika kembali ke tanah kembali membesar ketika ketinggiannya makin berkurang menuju nol saat bola sampai ke tanah.

Analisis gambaran gerak parabola akan pada arah sumbu-x dan sumbu-y dapat dijelaskan seperti pada gambar di bawah ini. Selalu diingat bahwa kelajuan benda dalam arah mendatar selalu konstan baik besar dan arah.



Analisis persamaan gerak partikel baik posisi dan kecepatan dalam arah-x dapat dituliskan sebagai berikut ini.




Sedangkan untuk persamaan gerak partikel dalam arah-y baik untuk posisi dan kecepatan dapat dituliskan sebagai berikut ini.



Persamaan posisi umum suatu partikel yang bergerak dengan lintasan parabola untuk posisi, kecepatan, dan arahnya terhadap sumbu-x dapat dituliskan sebagai berikut ini.





Catatan khusus: Kecepatan dititik tertinggi tidak nol, melainkan kecepatan di arah-y saja yang nilainya nol sedangkan kecepatan di arah-x akan selalu sama dengan kecepatan awal. Beberapa persamaan khusus untuk gerak parabola seperti ketinggian maksimum, jangkauan maksimum, dan waktu mencapai titik maksimum dapat ditulsikan sebagai berikut.





Untuk mendapatkan semua rumus parabola dalam keadaan khusus, dapat menggunakan persamaan umum di atas dengan terlebih dahulu menghitung waktu mencapai titik maksimum saat kecepatan pada arah y bernilai nol.

Post a comment