Konsep Fisika

Fisika pada dasarnya mengenalkan konsep materi dan energi. Dua konsep ini adalah konsep dari semua konsep yang dipelajari dalam fisika. Meskipun cabang fisika sangat luas, pada akhirnya konsep-konsep tersebut kembali ke konsep materi dan energi. Dalam fisika dasar, pembagian konsep fisika terbagi kedalam konsep mekanika, listrik-magnet, termodinamika, gelombang, fisika modern, dan fisika inti.

Mempelajari Fisika
Tak ada seorangpun yang menganggap fisika itu mudah. Peran matematika sebagai alat bantu fisika membuat fisika agak sedikit sulit dicerna meskipun pemahaman konsep fisika sudah dikuasai. Lalu bagaimana fisika mesti diajarkan dan dipelajari? Secara ideal konsep fisika seharusnya diajarkan melalui proses penjunjukkan fenomena kepada setiap siswa. Terlebih lagi jika siswa siswa mampu menemukan konsep sendiri. Kenyataannya untuk sampai pada tahapan tersebut diperlukan waktu yang cukup lama. Selain siswa harus terbiasa untuk melakukan percobaan fisika. Mempelajari fisika jelaslah harus berawal dari konsep bukan menghafal soal.

Realitas Fisika
Kenyataan yang harus diterima mengenai fisika adalah paradigma siswa bahwa fisika adalah kumpulan rumus. Tidak ada yang salah dengan pandangan tersebut, guru di sekolah cenderung mengalihkan fisika ke proses hitungan semata. Fenomena sebenarnya mengenai fisika sedikit untuk ditampilkan kepada siswa. Akhirnya munculan kesan bahwa fisika adalah matematika (physcis is a mathematics). 

Pandangan Fisika Sebagai Sains
Meskipun fisika melibatkan unsur matematika yang kuat, bukan berarti pandangan fisika sebagai sains tergerus oleh alat bantu matematika. Para pendidik mestinya sadar bahwa tujuan utama pembelajaran fisika bukan mencetak siswa menjadi ilmuan fisika tetapi menjadi seseorang yang senantiasa mempunyai daya nalar dan logika yang didasarkan fakta. Inilah konsep fisika dalam pandangan sains. Berawal dari fenomena, kemudian diajukkan hipotesis, diuji, dan pada akhirnya munculah sebuah teori yang diperkuat oleh kebenaran eksperimen yang memunculkan sebuah hukum fisika. Sebagai salah satu contoh hukum fisika adalah hukum gravitasi (Law of gravitation). Pada akhirnya pesan yang ingin disampaikan kepada para pendidik fisika, mulailah menyuguhkan keindahan fisika sebagai sebuah sains. 

Post a comment