Polarisasi Cahaya

Makna polarisasi adalah penyearahan arah getar dari gelombang. Cahaya yang belum terpolarisasi memiliki arah getar yang menyebar radial ke segala arah. Ketika sudah disearahkan melalui polarisator, arah getar partikel menjadi dalam arah tertentu saja. Salah satu cara untuk membuat cahaya bergetar dalam satu arah sering digunakan polarisator. Sifat khas polarisator adalah mengurangi intensitas cahaya sumber awal. Polarisator pertama selalu meloloskan intensitas yang nilainya setengah dari intensitas awal. Tetapi polarisator akan mengurangi intensitas yang sesuai dengan sudut arah polarisator pertama dengan berikutnya. Persamaan untuk menghitung intensitas yang keluar dari polarisator pertama dan seterusnya adalah sebagai berikut:




Keterangan: Intensitas satu adalah intensitas yang keluar dari polarisator satu, dan intensitas dua adalah intensitas yang keluar dari polarisator 2 yang bergantung pada kuadrat sudut theta. Untuk intesitas berikutnya, persamaanya sama dengan intensitas kedua.

Kaji-1: Tiga polarisator disusun sedemikian rupa sehingga rupa sehingga intensitas gelombang yang keluar 1/32 intensitas gelombang yang datang. Jika sinar datang tak terpolarisasi dan sumbu polarisator pertama sejajar dengan sumbu transmisi polarisator ketiga, tentukanlah sudut antara polarisator pertama dan kedua!

Jawab:
Besaran yang diketahui.


Intensitas yang keluar dari dari polarisator pertama selalu setengah dari intensitas awal.


Karena orientasi sumbu pertama dan ketiga sama, orientasi arah sumbu pertama dengan kedua akan sama dengan orientasi kedua dengan ketiga misalnya theta.


 





Latih-1: Tiga polarisator disusun sedemikian rupa sehingga rupa sehingga intensitas gelombang yang keluar 1/32 intensitas gelombang yang datang. Jika sinar datang tak terpolarisasi dan sumbu polarisator pertama tegak lurus dengan sumbu transmisi polarisator ketiga, tentukanlah sudut antara polarisator pertama dan kedua!

Kaji-2: Cahaya polarisasi acak dikenakan pada polarisator yang bersumbu transmisi vertikal. Cahaya yang keluar dari polarisator dilewatkan pada analisator dengan sumbu transmisi 60 derajat terhadap sumbu transmisi polarisator. Tentukanlah perbandingan intensitas cahaya yang keluar dari analisator dengan yang masuk ke polarisator!

Jawab:
Besaran yang diketahui.


Intensitas yang keluar dari polarisator dan analisator adalah




Latih-2: Cahaya polarisasi acak dikenakan pada polarisator yang bersumbu transmisi vertikal. Cahaya yang keluar dari polarisator dilewatkan pada analisator dengan sumbu transmisi 45 derajat terhadap sumbu transmisi polarisator. Tentukanlah perbandingan intensitas cahaya yang keluar dari analisator dengan yang masuk ke polarisator!

Post a comment