Melingkar Berubah Beraturan


Bagaimanakah konsep gerak melingkar berubah beraturan? Suatu keadaan khusus untuk gerak melingkar adalah gerak melingkar berubah beraturan. Ciri khas gerak ini adalah memiliki percepatan sudut konstan atau tetap. Jika kita menganalogikan besaran gerak pada gerak melingkar berubah beraturan sama persis dengan gerak lurus berubah beraturan.

Satu keadaan unik dari gerak ini adalah memiliki dua jenis percepatan yaitu percepatan sentripetal dan percepatan tangensial. Gabungan dua percepatan ini sering disebut percepatan total yang dimiliki oleh benda. Perlu dipahami bahwa percepatan sentripetal muncul karena perubahan arah kecepatan yang dimiliki oleh partikel begerak melingkar. Tidak hanya gerak melingkar berubah beraturan, gerak melingkar baraturan juga memiliki percepatan sentripetal (arti sentripetal adalah menuju pusat lingkaran). Di bawah ini adalah beberapa persamaan yang menyatakan rumus percepatan sudut, rumus kecepatan sudut, dan rumus posisi sudut untuk gerak melingkar berubah beraturan.





Seperti telah diulas dibagian pendahuluan, partikel yang bergerak melingkar berubah beraturan memiliki dua percepatan yaitu percepatan sentripetal, tangensial. dan dan gabungannya percepatan total. Tangensial itu sendiri berarti meyinggung lintasan gerak partikel. Untuk memudahkan pemahaman perhatikan gambar dua percepatan tersebut.


Ketika percepatan sudut bernilai nol, percepatan tangensial akan bernilai nol pula. Pada keadaan ini partikel hanya memiliki percepatan sentripetal saja yang selalu menuju pusat lingkaran. Inilah yang dinamakan gerak melingkar beraturan. Di bawah ini adalah rumusa percepatan sentripetal, tangensial, dan percepatan total.





Penting untuk diketahui bahwa pemahaman lebih mendalam mengenai gerak melingkar berubah beraturan dapat dilakukan dengan latihan soal dari tingkat mudah menuju ke sulit.

Post a comment