Haruskah Fisika UN

Bagi beberapa siswa menganggap UN (Ujian Nasional) bukan masalah. Tentunya karena mereka sudah menguasai materi pelajaran UN. Lalu bagaimana bagi yang belum menguasai, haruskah belajar atau tidak. Sebagian besar siswa mengganggap UN tidak perlu dikkawatirkan karena bukanlah syarat mutlak untuk lulus. Hal tersebut tentunya sangat berdasar karena sebagian nilai kelulusan digabung dengan nilai dari sekolah. Meskipun demikian, bagi penulis UN merupakan awal langkah awal menembus universitas terbaik di indonesia. Jelas ini bukan bualan semata, marilah analisis mengenai UN fisika.

Langkah Awal Riview Konsep
Tidak bisa dipungkiri soal UN fisika terdiri dari 40 soal dengan proporsi materi tersebar dikelas sepuluh, sebelas, dan duabelas. Bagi yang masih belepotan dari segi konsep fisika, belajar persiapan UN adalah salah satu cara memantapkan konsep fisika yang dimiliki. Tingkat kesulitan soal UN rasanya masih sangat mudah, tetapi hal itu langkah awal memulai untuk belajar dari tahapan yang mudah. Tahukah bahwa proporsi soal UN dibagi kedalam enam konsep utama fisika yang meliputi mekanika, termodinamika, gelombang, Listrik, magnet, dan fisika modern. Menguasai konsep dasar semuanya memudahkan untuk melangkah kepersiapan SBMPTN.

Persiapan SBMPTN
Jika secara umum siswa berpikir bahwa soal fisika SBMPTN sulit tidak salah juga. Kenyataannya proporsi soal jauh sedikit di atas tingkat kesukaran soal UN. Tetapi yang perlu diingat adalah bahwa proporsi soal SBMPTN dibagi kedalam tiga jenis yaitu mudah, sedang, dan sukar. Ketinganya terdiri dari lima soal untuk setiap kategori. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan penulis, lima buah soal mudah dan lima buah soal sedang sudah tercakup dalam soal UN (ini hanya analisis penulis). So, what's the next with national examination? Pelajarilah dan fokuslah ke UN sebelum meniti ke SBMPTN

Post a comment