Listrik Dinamis

Bagaimana konsep listrik dinamis mengenai hukum ohm, rangkaian seri, dan rangkaian paralel hambatan? Pembahasan listrik dinamis merupakan kajian mengenai jumlah muatan yang berubah terhadap waktu. Fokus kajian materi ini adalah memahami persamaan hukum Ohm, rangkaian seri, rangkaian paralel, menjelaskan faktor yang mempengaruhi hambatan suatu penghantar, hukum I Kirchoff, dan Hukum II Kirchoff serta aplikasinya dalam rangkaian majemuk.

Hukum Ohm
Pembahasan ini secara lebih tepatnya mengkaji hubungan antara arus listrik (I) dan beda potensial /tegangan (V). Semakin tinggi beda potensial suatu titik maka akan semakin tinggi pula arus yang mengalir dalam rangkaian. Kedua besaran ini dihubungan dengan sebuah konstanta yang disebut hambatan rangkaian atau penghantar. Secara matematika ditulis:


Satuan untuk besaran di atas adalah ampere (A) untuk I, volt (V) untuk tegangan, dan ohm untuk hambatan penghantar atau rangkaian. Secara umum persamaan di atas dapat digunakan untuk semua rangkaian seri, paralel, dan campuran.

Rangkaian Seri hambatan
Hambatan penghantar pada dasarnya dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu panjang penghantar, luas penampang, dan hambatan jenis bahan. Pada kesempatan ini kita akan menganalisis hambatan yang dirangkain seri dalam sebuah rangkaian.

Persamaan yang menyatakan rangkaian seri untuk arus dan tegangan dapat dituliskan  di bawah.




Dari persamaan terlihat bahwa arus yang melewati rangkaian selalu sama dengan arus total. Sedangkan tegangan total sama dengan jumlah tegangan masing-masing tiap komponen. Dengan demikian rangkaian seri disebut rangkaian pembagi tegangan.

Rangkaian Paralel Hambatan
Rangkaian paralel mempunyai karakteristik penting yaitu mempunyai tegangan/beda potensial yang sama pada setiap ujung komponen. Nilaa beda potensial ini sama dengan nilai tegangan yang dimiliki oleh sumber. Hal yang berbeda adalah arus yang melewati setiap komponen berbeda, tetapi kalau dijumlahkan arus ini sama dengan arus total yang dipasok oleh sumber. Dengan kata lain ini, rangkaian ini disebut rangkaian pembagi tegangan.


Persamaan hambatan, arus, dan tegangan  untuk rangkaian paralel dapat dilihat pada persamaan di bawah ini:




Dalam permasalahan soal fisika, kadang kala bentuk rangkaian paralel dapat disamarkan kedalam bentuk bentuk lain. Kunci pentingnya, rangkaian paralel akan memiliki ujung dan akhir yang sama untuk setiap komponen rangkaian.

Post a comment