Tips Menaklukan Soal SBMPTN Fisika

Bagaimana tips menaklukan soal SBMPTN Fisika? Fisika merupakan mata pelajaran yang masuk kedalam rumpun IPA. Fisika menjadi bagian penting dalam beberapa teers seperti tes masuk perguruan tinggi negeri, ujian nasional, tes mandiri untuk jurusan kedokteran dan teknik. Pertanyaan pentingnya adalah " bagaimana cara menaklukan soal fisika?"

Fisika sangat familiar dikalangan siswa sebagai satu mata pelajaran yang ditakuti. Kesulitan menganalisis permasalahan adalah awal untuk sulit memahami fisika. Pada akhirnya, kesulitan tersebut akan membawa minat belajar siswa terhadap fisika sangat rendah. Lalu bagaimanakah agar siswa tertarik dengan fisika? Rasanya sulit untuk memberikan jawaban terhadap persoalan tersebut. Bagi siswa yang cerdas dalam hal matematika, biasanya tidak ada kesulitan dalam mempelajari fisika. Tapi bagi yang kurang dalam hal matematika, sering kali menjadi mandeg dalam hal matematika sebagai alat untuk menghitung besaran fisika. Langkah-langkah yang diperlukan untuk memahami soal fisika antara lain:
  1. Pahami konsep dengan benar. Memahami konsep adalah awal untuk memahami setiap mata pelajaran apapun termasuk fisika. Memiliki konsep yang kuat, sedikitnya akan lebih mudah mengurai permasalahan yang dihadirkan dalam soal.
  2. Perkuat kemamampuan matematika dasar. Maksud matematika dasar disini tidak mesti semua konsep matematika perlu dipahami. Konsep matematika tersebut adalah konsep yang sering berkaitan dengan permasalahan fisika seperti vektor, logaritma, persamaan kuadrat, dan turunan.
  3. Berlatih mengerjakan soal fisika. Seperti sebuah pribahasa "practice makes perfect" sangatlah tepat diterapkan untuk menaklukan soal fisika. Mulailah dari konsep yang ringan, konsep yang ringan ditujukkan untuk mengasah kemampuan matematika dan awal mengingat rumus. Setelah itu cobalah untuk mengerjakan soal yang mempunyai tingkat kemiripan sekiar 80% dari soal dengan konsep yang ringan. Tujuannya adalah proses "mirrpring". Karena ujian di Indonesia sering kali rumus atau persamaan fisika tidak diberikan, proses mirroring menjadi bahan untuk mengingat rumus sekaligus membiasakan menghitung dengan lebih efisien. Yang terakhir adalah cobalah soal yang bersifat analisis. Soal ini merupakan kumpulan konsep yang ringan yang berpadu dengan konsep ringan lainnya. 
Akhirnya, saya tekankan bahwa pada menu Fisika SBMPTN ini akan didesain dengan problem solving soal SBMPTN fisika yang menekankan pada penguasan konsep dasar, mirroring, dan melakukan analisis.

Post a comment