Massa atau Berat: Sebuah Pengertian Sederhana

Sedikit mengulas mengenai istilah dalam kehidupan sehari-hari untuk menetapkan apakah istilah berat atau massa yang tepat digunakan. Mungkinkah berat benda berubah? Atau sebaliknya, mungkinkah massa benda yang berubah? Berat adalah suatu besaran vektor yang sangat dipengaruhi oleh percepatan gravitasi dipermukaan bumi. Jika menilik percepatan gravitasi, banyak faktor yang mempengaruhi percepatan garvitasi disuatu tempat dipermukaan bumi. Salah satunya adalah letak lintang dari suatu tempat.


Ketika seseorang berada didaerah khatulistiwa dan seseorang tersebut pindah ke daerah lain sebutlah kutub, baik kutub utara atau kutub selatan. Pertanyaannya adalah dimanakah berat oleh tersebut akan bertambah besar? Jika kita melihat bentuk bumi adalah pepat seperti buah jeruk. Khatulistiwa sebagai permukaan paling jauh dari pusat bumi mempunyai jarak yang lebih besar dibandingkan dengan kutub ke pusat bumi. Karena percepatan gravitasi sangat dipengaruhi oleh jarak tersebut, ini mengakibatkan percepatan gravitasi akan berkurang seiring berambahnya jarak. Kesimpulan yang harus diambil adalah percepatan gravitasi dikutub lebih besar daripada di khatulistiwa. Secara langsung ini akan berakibat pada berat benda. Berat benda dikutub akan lebih besar daripada berat benda khatulistiwa.
Pertanyaan selanjutnya, bagaimanakah jika kita menggali sebuah lubang pada kedalaman tertentu dari permukaan. Apakah yang terjadi dengan berat benda, bertambah besarkah atau menjadi kecil? Kita tidak sedang menebak-nebak tentunya. Faktor massa bumi yang berinteraksi dengan benda adalah satu faktor penting pula yang menyebabkan gravitasi naik atau turun. Secara sederhana kerapatan bantuan akan sangat berpengaruh pula terhadap gravitasi. Secara analitis bisa kita buktikan pada lain waktu bahwa gravitasi ini akan berbending lurus dengan jarak pusat bumi dengan benda ketika benda masuk kedalam lubang dibawah permukaan. Ini menunjukkan bahwa gravitasi akan semakin berkurang ketika benda diukur beratnya pada keadaan tertentu akan menunjukkan penurunan bobot yang sebanding dengan jaraknya terhadap pusat bumi.

Kembali ke pertanyaan awal, manakah yang lebih tepat berat telur 2 kg atau massa telur 2 kg? Massa adalah kuantitas yang tidak berubah dari benda ketika benda tersebut berada dimanapun. Ketika berbicara satuan kilogram, ini tentunya bukan kuantitas dari gaya tetapi kuantitas dari massa. Jadi alangkah tepat ketika dikatakan telur tersebut bermassa 2 kg bukan memiliki berat 2 kg. Semoga dengan penjelasan di atas dapat dipahami kekeliruan yang sering terjadi.

1 komentar:

Salam kenal dari Ruangguru!

Saya Annisa, Content Research Ruangguru. Ruangguru adalah pengembang teknologi pendidikan berbasis web dan aplikasi mobile terdepan di Indonesia, dengan lebih dari satu juta pengguna dan jaringan kerja sama dengan Kemendikbud, 23 Dinas Pendidikan Provinsi di Indonesia, dan mitra-mitra strategis lainnya seperti Google, LINE, dan Telkom Indonesia.

Saat ini, kami ingin meningkatkan variasi dan kualitas konten pendidikan di Ruangguru. Tim Riset kami mememukan bahwa blog/website yang Anda kelola, yakni web http://www.fisikasekolah.com/, menarik dan relevan untuk memperkaya konten kami, serta dapat bermanfaat bagi jutaan siswa di Indonesia. Bentuk kerjasama yang kami tawarkan yakni menjadi master teacher dan/atau melakukan content partnership dengan ruangguru. Oleh karena itu, kami ingin bekerja sama dengan Anda.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kerjasama ini, Anda bisa menghubungi saya melalui email annisadwinuraini@ruangguru.com
Terima kasih dan selamat beraktivitas!

Salam,
Annisa Dwi Nuraini
Content Research, Ruangguru

Reply

Post a comment