Menelisik Masa Kecil Sir Isaac Newton

Ilmuwan kenamaan dalam dunia fisika yaitu Isaac Newton lahir sebuah tempat bernama Woolstorphe, dekat Grantham, Inggris. Ia lahir pada hari Natal yaitu 25 Desember 1642. Keluarga Newton tinggal di Manor, yiatu sebuah rumah yang sangat besar, walaupun mereka tidak kaya. Ayah Isaac Newton adalah seorang petani yang bernama Isaac, meninggal tiga bulan sebelum putranya lahir. Meninggalnya suami membuat ibu Isaac Newton menjadi sakit. Terlebih kelahiran putranya Isaac Newton yang prematur memberikan dampak negatif kepada ibu Isaac Newton.

Dari segi kesehatan Isaac Newton sering mengalami sakit-sakitan atau terlihat rapuh. Ketika umurnya tiga tahun, ibunya kembali menikah dengan seorang rektor kaya bernama Barnabas Smith. Tahun berikutnya ibunya meninggalkan Newton bersama neneknya karena harus ikut dengan suami yang baru. Ketika umur Newton 10 tahun ibunya kembali, dan kali kedua ibunya ditinggalkan oleh suami keduanya yang meninggal pula. 


Isaac Newton belajar membaca, menulis, dan aritmetika sederhana dari sekolah lokal. Sebagai anak tuan tanah, ia diharapkan belajar disekolah dasar, bukannya mulai bekerja. Sekolahnya terletak sekitar 9 km dari rumahnya dan saat itu ia memutuskan untuk tinggal dirumah seorang apoteker di Grantham. 

Sebagai seorang murid, ia tampak biasa saja dari kemampuan akademiknya. Hal yang utama dari Newton dia sangat tidak menyukai permainan, dan lebih senang membaca dan membuat kerajinan tangan. Sekitar usia 16 tahun, Newton dipanggil kembali ke rumah keluarga ibunya. Ibunya berharap dia dapat melanjutkan untuk mengurus tanah milik keluarganya. Namun Newton bukanlah seorang petani yang baik, ia lebih senang membaca dan membuat model percobaan seperti membuat kincir air untuk bendungan lokal ketika sedang menjaga domba keluarganya. Karena keasikannya, domba-domba miliknya malah dibiarkan makan jagung yang harganya relatif mahal. 

Setelah sembilan bulan berada dirumah, ia kembali sekolah di Granthatam. Ia diajar dan diurus oleh kepala sekolah, Henry Stokes. Saat itu Newton menjadi muruid yang menonjol dibandingkan teman lainnya. Akhirnya bulan juli 1661, Newton meninggalkan rumahnya untuk belajar di Trinity College, yang merupakan bagian dari Universitas Cambridge. Akhirnya kota Cambridge menjadi tempat tinggal utamanya selama 35 tahun berikutnya. Itulah sedikit kisah dari seorang genius di bidang fisika yang terkenal dengan hukum geraknya terutama hukum gravitasi.

Post a comment