Sumber Energi

Sumber Energi Panas Bumi
Energi merupakan satu kajian penting dalam ilmu fisika. Setiap fenomena yang terjadi dapat dikaji melalui konsep energi yang dimiliki oleh partikel. Pada kajian kali ini, kita tidak membicarakan mengenai energi dalam sudut pandang energi benda atau energi partikel tetapi lebih pada kaitan energi yang berguna untuk kelangsungan hidup manusia. Bagaimanapun energi merupakan suatu faktor penting yang ketersediannya harus tetap ada. Oleh karena itu, upaya manusia untuk mengolah energi, menghemat, dan menemukan sumber energi terbarukan menjadi sangat penting guna kelangsungan hidup umat manusia itu sendiri. Pada dasarnya energi ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu energi dengan sumber tidak terbarukan dan energi dengan sumber terbarukan. Contoh sumber energi tidak terbarukan adalah sumber energi dari bahan bakar, dan nuklir. Sedangkan sumber energi terbarukan atau sering disebut sumber energi alternative adalah sumber energi matahari, angin, gelombang laut, dan pasang-surut air laut.



Sumber Energi Tak Terbarukan
Sumber energi tak terbarukan diperoleh dari sumber energi tetap yang makin berkurang dengan adanya interaksi manusia. Sebagai contoh adalah bahan bakar nuklir, dan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Keberadaanya di alam tetap jika tidak dipergunakan tetapi akan berkurang seiring dengan dengan aktivitas manusia yang memanfaatkan sumber energi tersebut. Yang perlu dipahami bahwa sumber ener awalnya adalah energi potensial, dan pengaruh luar diperluklan untuk menyediakan sumber energi untuk beberapa kebutuhan praktis manusia. tetapi sumber energi ini sifatnya terbatas karena suatu saat akan habis dan tidak terbarukan kembali.

Sumber Energi Terbarukan
Sumber energi terbarukan diperoleh dari alam dan mengalirkan kembali energi secara langsung kelingkungan. Sebuah contoh nyata adalah sumber energi matahari dimana ada siklus selama 24 jam. Catatan bahwa energi mengalir kelingkungan dalam bentuk aliran atau arus, tidak terpengaruh oleh keberadaan peralatan untuk menyimpan dan memanfaatkan energi. Sumber energi yang seperti ini disebut green energy atau suistainable energy.

Beberapa contoh sumber energi terbarukan adalah energi matahari, energi pasang surut air laut yang diakibatkan oleh gaya tarikan matahari, bumi, dan bulan, energi angin, energi gelombang air laut, geothermal yang berasal dari pendinginan, dan sumber energi dari reakasi kimia yang berasal dari peluruhan partikel radioactive di bumi.

Pada dasarnya pemanfaatan energi terbarukan sangat memiliki potensi yang baik sebagai pengganti energy tak terbarukan. Sebagai contoh, total fluks energy matahari yang diserap oleh permukaan air laut sekitar 20 MWatt (M = 106) per orang. Daya sepuluh kali lebih besar dari energy listrik yang dihasilkan oleh generator solar. Energi sebesar itu pula cukup untuk menyuplai semua energy yang diperlukan oleh sebuah kota yang berpenduduk 5000 orang.  Kerapatan maksimum fluks energy matahari dengan berkas yang tegak lurus dapat mencapai 1 kW/m2, ini merupakan sumber yang sangat bermanfaat. Menariknya untuk mencapai daya sebesar itu, sangatlah sulit untuk dicapai ketika sumber energy yang digunakan adalah angina dan gelombang air laut. Gambar di bawah menunjukkan sumber energy terbarukan  dan pemanfaatannya dalam kehidupan manusia.

Post a comment