Taraf Intensitas: Contoh Soal dan Pembahasan

Pada kesempatan kali ini, kita langsung akan memfokuskan diri untuk membahas contoh soal mengenai taraf intensiats. Seperti telah diulas pada bagian intensitas, taraf intensitas menunjukkan tingkat kenyaringan bunyi yang didengar.

Taraf intensitas sangat dipengaruhi oleh intensitas sumber. Intensitas juga dipengaruhi oleh dua faktor utama selain daya sumber yaitu jumlah sumber dan jarak sumber terhadap pendengar. Semakin banyak jumlah sumber , semakin tinggi intensitas semakin tinggi pula taraf intensitas. Sedangkan jika jarak sumber makin dekat, intensitas akan semakin tinggi sehingga tinggi pula taraf intensitas  atau tingkat kenyaringannya.



Kaji-1: Sebuah sumber bunyi mempunyai daya 100 watt, seseorang berada pada jarak 10 meter dari sumber bunyi. Jika sepuluh buah sumber bunyi yang sama dibunyikan secara bersamaan, tentukanlah taraf intensitas bunyi yang didengar !

Jawab:
Besaran yang diketahui.


Intensitas dan taraf intensitas sepuluh buah sumber dapat dihitung sebagai berikut.


Taraf intensitas dari sepuluh buah sumber yaitu


Latih-1: Sebuah sumber bunyi mempunyai daya 100 watt, seseorang berada pada jarak 5 meter dari sumber bunyi. Jika duapuluh buah sumber bunyi yang sama dibunyikan secara bersamaan, tentukanlah taraf intensitas bunyi yang didengar !

Kaji-2: Sebuah sumber bunyi mempunyai taraf intensitas bunyi 50 dB. Jika seratus buah sumber bunyi berbunyi secara bersamaan, tentukanlah taraf intensitas semua sumber bunyi tersebut!

Jawab:
Besaran yang diketahui.


Taraf intensitas dari seratus buah sumber adalah


Latih-2: Sebuah sumber bunyi mempunyai taraf intensitas bunyi 70 dB. Jika seribu buah sumber bunyi berbunyi secara bersamaan, tentukanlah taraf intensitas semua sumber bunyi tersebut!

Kaji-3: Seorang pendengar berada pada jarak 2m dari sebuah sumber bunyi yang menghasilkan taraf intensitas 100 dB. Jika pendengar tersebut bergeser menjauhi sumber dengan pergeserannya sejauh 18m. Tentukanlah taraf intensitas yang didengar orang pada posisi tersebut!

Jawab:
Besaran yang diketahui.


Taraf intensitas pada jarak 20m dari posisi sumber bunyi adalah


Latih-3: Seorang pendengar berada pada jarak 40m dari sebuah sumber bunyi yang menghasilkan taraf intensitas 100 dB. Jika pendengar tersebut bergeser mendekati sumber dengan pergeserannya sejauh 36m. Tentukanlah taraf intensitas yang didengar orang pada posisi tersebut!

Kaji-4: Sebuah sumber bunyi mempunyai taraf intensitas 100 dB berada pada jarak 3m dari seorang pendengar. Jika sepuluh sumber yang sama dibunyikan secara serentak dan saat yang sama pendengar menjauh sehingga posisinya menjadi 30m terhadap sumber. Hitunglah taraf intensitas yang terdengar sekarang!

Jawab:
Besaran yang diketahui.


Taraf intesitas yang baru adalah


Latih-4: Sebuah sumber bunyi mempunyai taraf intensitas 80 dB berada pada jarak 5m dari seorang pendengar. Jika sepuluh sumber yang sama dibunyikan secara serentak dan saat yang sama pendengar menjauh sehingga posisinya menjadi 25m terhadap sumber. Hitunglah taraf intensitas yang terdengar sekarang!

Kaji-5: Suatu pengeras suara yang berkualitas baik diiklankan bisa menghasilkan frekuensi dari 30 Hz sampai 18000 Hz dengan intensitas kurang lebih 30 dB pada volume penuh. Di atas jangkauan frekuensi ini, perubahan intensitas tidak lebih dari 30 dB. Tentukanlah perbandingan intensitas setelah berubah terhadap awal!

Jawab:
Besaran yang diketahui.


Faktor kelipatan intensitas adalah


Latih-5: Suatu pengeras suara yang berkualitas baik diiklankan bisa menghasilkan frekuensi dari 30 Hz sampai 18000 Hz dengan intensitas kurang lebih 3dB pada volume penuh. Di atas jangkauan frekuensi ini, perubahan intensitas tidak lebih dari 3dB. Tentukanlah perbandingan intensitas setelah berubah terhadap awal!


Post a comment