Memadu Gerak GLBB


bagaimanakah konsep memadu gerak GLBB? Suatu partikel dapat menjalani perpaduan dua gerak lurus secara bersamaan. Kiranya bagaimana lintasan gerak yang akan dialami oleh benda tersebut?

Jika suatu saat benda sedang bergerak lurus dalam lintasan sumbu-x dan tiba-tiba mendapatkan gerak lurus beraturan dalam sumbu-y, lintasan gerak benda adalah resultan kedua gerak dan masih bergerak lurus berubah beraturan. Dengan kata lain partikel akan mejalani gerak lurus berubah beraturan dalam bidang datar. Besaran posisi partikel untuk kondisi tersebut dapat dituliskan sebagai berikut ini.


Dalam GLBB nilai x dan y bergantung pada faktor waktu. Jika diuraikan lagi posisi x dan y sebagai fungsi waktu, rumus posisi untuk keadaan tersebut dapat ditulis seperti persamaan di bawah ini.



Untuk mengetahui kecepatan (v) dan percepatan (a) partikel dapat dihitung dengan menurunkan fungsi posisi partikel terhadap waktu. Bentuk rumusan kecepatan dan percepatan tersebut dapat dituliskan seperti persamaan di bawah ini.



Lalau bagaimana ketika kita mengetahui percepatan partikel dan kemudian kita ingin menentukan fungsi kecepatan dan posisi partikel, caranya adalah dengan melakukan proses integral dari fungsi percepatan.  Persamaan kecepatan dan posisi ketika percepatan partikel diketahui dapat dirumuskan sebagai berikut ini.


Penting untuk dipahami bahwa semua persamaan merupakan keadaan sesaat dari partikel bukan keadaan rata-rata. 

Post a comment