Intensitas Bunyi

Bagaimana konsep intensitas bunyi? Bunyi atau gelombang bunyi lebih tepatnya adalah gelombang tekanan. Sifat gelombang gelombang bunyi adalah menyebar radial ke segala arah. Dibagian manapun disekitar bunyi, selama ada medium udara, bunyi pasti akan merambat melaluinya. Intensitas bunyi merupakan energi yang diterima di suatu titik pada saat itu untuk ukuran luas tertentu. Intensitas yang didengar oleh telinga manusia tentunya laju perubahan energi perluasan gendang telinga manusia. Bagaimana intensitas bunyi yang didengar seseorang pada jarak tertentu? Hal itu bergantung pada letak orang dari sumber bunyi dan daya sumber. Semakin besar daya sumber maka akan semakin kuat intensitas dan hal tersebut berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya. Secara rumus matematika dituliskan persamaan sebagai berikut.


Intensitas bunyi ditunjukkan oleh I (watt/m.m), daya ditunjukkan oleh P (watt), dan posisi pendengar ke sumber dinyatakan dalam r (m).



Kaji-1: Sebuah sumber bunyi berjumlah 100 buah dibunyikan secara serentak. Jika satu sumber bunyi mempunyai daya 3 Mega Watt, tentukanlah intensitas disuatu titik yang berjarak 5 m dari sumber bunyi tersebut!

Jawab:
Besaran yang diketahui.


Intensitas pada jarak 5 m untuk 100 buah sumber dapat dihitung.


Latih-1: Sebuah sumber bunyi berjumlah 200 buah dibunyikan secara serentak. Jika satu sumber bunyi mempunyai daya 3 kilo Watt, tentukanlah intensitas disuatu titik yang berjarak 2 m dari sumber bunyi tersebut!

Kaji-2: Sebuah sumber bunyi memancarkan bunyi ke segala arah dengan laju perambatan konstan. Seseorang berada pada jarak 8m dari sumber tersebut. Kemudian intensitas bunyi berkurang menjadi separuhnya. Jika orang itu ingin mendengar bunyi dengan intensitas bunyi seperti sebelumnya, tentukanlah berapa jauh dia harus berada dari sumber bunyi sekarang?

Jawab:
Besaran yang diketahui.


Jarak r dua agar pendengar mendengar intensitas yang sama adalah




Ingin Contoh yang lebih banyak: Baca Intensitas Bunyi Contoh Soal dan Pembahasan

Latih-2: Sebuah sumber bunyi memancarkan bunyi ke segala arah dengan laju perambatan konstan. Seseorang berada pada jarak 16 m dari sumber tersebut. Kemudian intensitas bunyi berkurang menjadi seperempatnya. Jika orang itu ingin mendengar bunyi dengan intensitas bunyi seperti sebelumnya, tentukanlah berapa jauh dia harus berada dari sumber bunyi sekarang?

Taraf Intensitas
Taraf intensitas sering pula disebut tingkat kenyaringan suatu bunyi yang terdengar pada jarak tertentu. Taraf intesitas mempunyai satuan decibel (dB). Sebagai contoh nyata, dua orang yang berinteraksi melalui obrolan biasa mempunyai tingkat kenyaringan 60 dB. Dalam perhitungan taraf intensitas dipengaruhi oleh intensitas sumber dan intensitas ambang telinga manuasia (Io).


Taraf Intensitas (TI), I merupakan intensitas sumber, dan Io adalah taraf intensitas ambang telinga manusia dengan nilai tertentu.

Faktor yang mempengaruhi TI
Sering kali jumlah sumber bunyi mengalami perubahan. Begitu pula jarak pendengar dari sumber tidak selamanya berada pada jarak tetap. Bisa saja jumlah sumber bertambah atau berkurang. Bisapula pendengar bergerak mendekati atau menjauhi sumber. Jika demikian, tentunya taraf intensitas bisa dipengaruhi oleh jumlah sumber (n) dan jarak pendengar ke sumber (r).


TI merupakan taraf intensitas, n merupakan jumlah sumber, dan R merupakan jarak pendengar ke sumber bunyi.


Kaji-1: Bila taraf intensitas percakapan 60 db dan bunyi halilintar mempunyai taraf intensitas 100 dB. Tentukanlah besar kelipatan intensitas halilintar terhadap percakapan orang!

Jawab:
Besaran yang diketahui.


Perbandingan intensitas halilintar terhadap percakapan orang.


Jadi perbandingan intensitas halilintar terhadap percakapan adalah sepuluh ribu kali.

Latih-1: Bila taraf intensitas percakapan 80 db dan bunyi halilintar mempunyai taraf intensitas 80 dB. Tentukanlah besar kelipatan intensitas halilintar terhadap percakapan orang!


Kaji-2: Pada jarak 3 m dari sumber ledakan terdapat ledakan terdengar bunyi dengan taraf intensitas 50 dB. Pada jarak 30 m dari sumber ledakan, tentukanlah taraf intensitas bunyi yang baru!
Jawab:

Besaran yang diketahui


Taraf intensitas yang baru adalah


Ingin lebih tahu taraf intensitas: Baca Taraf Intensitas Contoh Soal dan Pembahasan

Kaji-2: Pada jarak 80 m dari sumber ledakan terdapat ledakan terdengar bunyi dengan taraf intensitas 50 dB. Pada jarak 8m dari sumber ledakan, tentukanlah taraf intensitas bunyi yang baru!




Post a comment